Ulang Tahun ke 62, Ini Beberapa Fakta Menarik Jaksa Agung ST Burhanuddin

by -467 views
Jaksa Agung Burhanuddin

JAKARTA – Mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa hari ini, tanggal 17 Juli, merupakan hari kelahiran Sanitiar Burhanuddin , Jaksa Agung Republik Indonesia. Pria kelahiran Cirebon, Jawa Barat, 62 tahun silam ini sering mencuri perhatian publik karena gebrakannya dalam penegakan hukum di Tanah Air.

Di bawah kepemimpinan Jaksa Agung ST Burhanuddin, beberapa kasus besar seperti megakorupsi PT Asuransi Jiwasraya dan PT Asabri berhasil dibongkar dan para tersangkanya diseret ke pengadilan. Banyak lagi gebrakan yang telah dilakukan Kejaksaan Agung, termasuk menangkap sejumlah buronan kakap hingga ke luar negeri.

Seperti apa sosok ST Burhanuddin? Berikut beberapa informasi tentang Jaksa Agung pilihan Presiden Joko Widodo dalam Kabinet Indonesia Maju ini:

1. Sarjana Hukum Pidana

ST Burhanuddin merupakan sarjana Hukum Pidana dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang tahun 1980. Pada tahun 2001, ia berhasil menyelesaikan pendidikan Magister Manajemen di Universitas Indonesia. Terakhir, ST Burhanuddin meraih gelar doktor di Universitas Satyagama Jakarta pada tahun 2006.

2. Mantan staf Kejaksaan Tinggi Jambi

Setelah lulus kuliah S1, ST Burhanuddin kemudian mulai meniti karier sebagai staf di Kejaksaan Tinggi Jambi. Ia juga sempat mengikuti pendidikan pembentukan jaksa. Dari sanalah kemudian ia diangkat menjadi Kepala Kejaksaan Negeri di sejumlah daerah, termasuk di wilayah Jambi dan Cilacap.

3. Pernah menjabat JAM Pidsus

Pada tahun 2007, ST Burhanuddin mendapat promosi jabatan menjadi Direktur Eksekusi dan Eksaminasi pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAMPidsus) Kejaksaan Agung. Pada tahun 2008, ia kembali dipromosikan dan terpilih untuk menempati posisi sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Utara hingga 2009.

Selain pernah menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Utara, ST Burhanuddin pernah menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Barat. Saat menjabat sebagai Kepala Kejati Sulawesi Selatan dan Barat pada tahun 2010, Burhanuddin cukup fokus pada penanganan kasus korupsi.

ST Burhanuddin terakhir menjabat sebagai Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (JAMDatun) pada 2011 hingga pensiun pada 2014. Pada tahun 2015, ST Burhanuddin ditunjuk menjabat Komisaris Utama PT Hutama Karya (Persero).

4. Jadi Jaksa Agung

Pada tahun 2019, ST Burhanuddin dipilih oleh Presiden Joko Widodo sebagai Jaksa Agung RI pada Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Ia menggantikan Jaksa Agung sebelumnya yakni H.M. Prasetyo.

Selamat ulang tahun Jaksa Agung ST Burhanuddin, semoga panjang umur dan sehat selalu dalam berkarya untuk negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.