Banyak Bencana Alam dan Pandemi, Ini Pesan Spiritualis Nusantara Kidung Tirto

oleh -75 views
banjir

JAKARTA – Budayawan dan spiritualis nusantara Kidung Tirto Suryo Kusumo buka suara menanggapi maraknya bencana alam dan pandemi Covid-19 yang kembali melanda Indonesia akhir-akhir ini.

Dia pun menyampaikan pesan terbuka ke seluruh lapisan masyarakat, baik rakyat biasa, para tokoh, birokrat, aparat, maupun politisi, agar Nusantara senantiasa damai dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Bencana alam bukan sekadar peristiwa biasa, melainkan dinamika semesta menuju keseimbangan sekaligus peringatan Tuhan terhadap tingkah laku manusia,” ungkap Kidung Tirto usai berkontemplasi di Gunung Arjuna, Jawa Timur, Sabtu (15/1/2022).

Menurut dia, peristiwa luar biasa di alam ini merupakan bagian dari dinamika semesta yang saling berhubungan. Namun, manusia sering kali kurang peka dan menyalahkan alam. “Padahal bencana alam bisa jadi akibat ulah manusia sendiri,” ujarnya.

Kidung Tirto menjelaskan relasi antara alam dan tingkah laku manusia. Ketika manusia lalai dan berkhianat, alam akan menghukum dengan caranya, seperti banjir, longsor, dan wabah penyakit.

Oleh karena itu, dia mengingatkan kepada para pejabat dan politisi agar menjaga amanat dari rakyat. Di sisi lain, rakyat agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan, menghindari perpecahan dan berita bohong.

Secara khusus, Kidung Tirto mengingatkan para politisi yang duduk di MPR, termasuk DPR dan DPD, untuk mengawal konstitusi dan memberikan teladan kepada rakyat yang memberikan kepercayaan kepada mereka.

“Wakil rakyat harus mendorong persatuan, bukan perpecahan di antara anak bangsa supaya tidak terjadi kebencian bernuansa SARA. Berikan edukasi yang baik kepada rakyat, berpolitiklah secara bermartabat demi kepentingan bangsa dan negara, bukan kepentingan pribadi atau golongan,” cetus spiritualis yang malang melintang di dunia politik, hukum dan keamanan ini.

Menyikapi maraknya bencana alam dan pandemi Covid-19 yang belum berakhir, Kidung Tirto mengaku siap membantu pemerintah dari sisi spiritual sebagai upaya batiniah.

Dia menilai Presiden Joko Widodo berhasil dalam mengelola negara meskipun negara diterpa pandemi dan bencana alam, serta tantangan berat di berbagai bidang. “Kita patut mengapresiasi kinerja pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, terutama di bidang ekonomi, hukum dan keamanan,” ungkapnya.

Kidung Tirto menyarankan kementerian/lembaga yang bertanggung jawab terhadap kualitas sumber daya manusia agar berkolaborasi dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk memperkuat persatuan dan kesatuan yang berkedaulatan.

“Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek dan Kementerian Agama perlu memperkuat sinergi untuk menciptakan generasi milenial yang berprestasi dan berwawasan universal,” ujarnya.

Tidak lupa, dia memberikan apresiasi kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Polri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo yang berhasil menjaga kondusivitas keamanan dan stabilitas negara.

“Juga apresiasi kepada Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang berani menegakkan kedaulatan bangsa di atas kepentingan golongan tertentu demi kesatuan dan persatuan bangsa yang bermartabat. Selamat bertugas dan tetap semangat,” cetusnya.

Dia memohon kepada Yang Maha Esa agar kedaulatan negara Indonesia selalu terjaga dan seluruh rakyat Indonesia diberikan keselamatan dari segala bencana. “Salam sehat dan selalu jaga protokol kesehatan. Rahayu, rahayu, rahayu,” ungkap Kidung Tirto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.